Interaksi antara dua negara

Sumative IPS Interaksi antar dua negara (Indonesia dan Amerika)


A. Karakteristik negara Indonesia dan Amerika
  1. Indonesia 
Kondisis geografis negara Indonesia
  • kondisi geografis: Berada di letak geografis negara Indonesia terletak di benua Asia dan benua Australia dengan samudera Hindia dan samudera Pasifik.
  • Manfaat: Letak geografis Indonesia bisa menjadi tempat persinggahan lalu lintas untuk perdagangan internasional (perdagangan dunia) maupun nasional. Bisa juga untuk melewati jalur laut, darat, dan udara untuk mengirimkan barang barang.
  • Iklim: Indonesia berada di iklim tropis. Ciri Ciri iklim tropis adalah suhu udara yang tinggi sepanjang tahun adalah 27 derajat celcius di daerah iklim tropis di iklim tropis tidak ada perbedaan yang jauh saat musim hujan atau kemarau.
  • Bentuk relife Indonesia bisa dibedakan atas daerah pantai, dataran rendah, dataran tinggi, dan pengunungan.
Potensi sumber daya alam negara Indonesia

  • Hutan: Kekayaan Indonesia termasuk yang paling besar di dunia. Menurut data kementerian  RI pada 2011 hutan Indonesia mempunyai sekitar 99,6 juta hektar tapi luas tanah di Indonesia menurun karena kerusakan hutan yang ada di Indonesia.

  • Laut: Menurut FAO potensi sumber daya perikanan tangkap laut negara Indonesia mencapai sekitar 6,5 ton per tahun dan dengan tingkat pemanfaatan mencapai sekitar 5,71 ton per tahun potensi lestari adalah potensi penangkapan ikan tapi yang bisa memungkinkan ikan tidak menguarangi populasi ikan yang ada disana karena bisa regenerasi.
  • Gas alam: Indonesia mempunyai cadangan gas alam sebanyak 2,8 triliun meter kubik (97 triliun kaki kubik). Jumlah ini tidak terlalau banyak jika dilihat dari negara lain tapi negara Indonesia adalah negara pengekspor terbesar di dunia. Gas alam bisa digunakan untuk bahan baku industri, Bahan bakar, dan bisa menjadi komoditas energi untuk ekspor
  • minyak bumi: di  Indonesia terus mengalami punurunan karena terus digunakan terus menerus. Bahkan Indonesia telah mulai mengekspor minyak bumi tersebut keluar negeri yang sudah tak lagi mencukupi. Ada yang mengguankan minyak bumi untuk sumber energi bermotor ada juga untuk sumber tenaga mesin pabrik

Objek wisata
    Pantai Kuta Obyek Wisata Terkenal di Bali FeatureTanggapan Pengelola Terkait Viral Wisatawan Duduk di Stupa Candi Borobudur  - Tribun Palu

  • Pantai kuta yang terletak di Bali ini mempunyai keindahan pemandangan sunsetnya yang sudah terkenal juga sebagai te,pat untuk surfing di Bali dengan angin yang sangat kencang tidak salah lagi pantai Kuta salah satu objek wisata terbaik di Indonesia.


  • Candi Borobudur yang terletak di Jogjakarta adalah salah satu candi ter`besar di dunia candi ini  di abad ke 9. Candi ini  dengan menggunakan balok vulkanik yang disusun tidak menggunakan pelekat apapun saat membangun candi ini.




          



2. Amerika

Kondisi geografis negara Amerika

    letak astronomis, geografis dan geologis amerika serikat

  • Kondisi geografis: Berkawasan di Amerika utara yaitu benua Kanada. Amerika juga berkawasan dekat dengan benua Meksiko. Wilayah negara Amerika bagian timur  berbatasan di samudera Atlantik. Wilayah negara Amerika bagian barat langsung berbatasan dengan samudera pasifik.
  • Manfaat: Amerika sangat kaya dengan sumber daya alam dimana dengan keseluruhanya Amerika dapat mengekspor sumber daya alam mereka jika dipakai maksimal di industri. Seperti batu bara, hingga minyak dan gas alam negara Amerika telah dikenal sebagai negara penguasa karena tempatnya yang indah dan lain lain.
  • Iklim: Pada dasarnya Amerika mempunyai 4 musim yaitu musim panas, Musim gugur, Musim dingin, dan musim semi. Menurut sains.kompas.com pada tahun 2014 saat musim dingin di amerika dikatakan sangat dingin karena bisa mengalami 40 derajat celcius hingga nol sampai minus derajat dan tinggi salju setinggi 16 cm.
  • Relief: Bentuk relief Amerika dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian barat, bagian timur, dan bagian tengah.
Potensi sumber daya alam negara Amerika
  • Gas alam: Amerika memproduksi gas alam saat 2018 30,6 trilliun kaki rubik Amerika sudah termausk produksi gas terbanyak di dunia sejak tahun 2005 adalah  hasil pemboran horizontal dan hidrolik teknik rekahan.
  • Emas: emas tidak ditemuakan Amerika utara karena tidak menemukan tambang disana. Tapi Amerika adalah penghasil enas terbanyak di dunia.
  • Pertanian: luas tanah Amerika ini manckaup hampir 2,3 miliar hektar (sekitar 9,3 miliar kilometer persegi). Amerika adalah produsen terbesar.
  • Hutan: Amerika memiliki lebih dari 750 juta acre (sekitar 3 jutra kilometer persegi). Untuk bagian hutan sekitar 2 per tiganya adalah hutan kayu Amerika (Amerika juga telah memproduksi kertas hingga kontruksi.
Objek wisata


Trump visits Mount Rushmore today for fireworks 'display like few people  have seen'Here's how to make the most of the Grand Canyon | Daily Mail Online


  • Mount Rushmore: Berada di State of south Dakota pahatan kepala George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt dan Abraham Lincoln tempat ini banyak dikunjungi turis.
  • Grand Canyon: yang terletak di Arizona dikira kira memiliki usia kurang lebih 70 juta tahun taman ini sangat bagus saat dilihat uniknya juga di Grand Canyon mempunyai suhu yang berbeda beda saat difoto pun mempunyai warna yang berbeda beda
Sumber
B. Perbedaan budaya/kebiasaan 

Karena saya adalah orang Indonesia saya lebih memilih unutk mandi 2 kali sehari karena kadang kadang juga saya mandi 3 kali sehari karena orang Indonesia menganggap itu bersih karena setelah kita mandi biasa kita merasa lebih segar dan lebih nyaman beraktifitas karena suhu udara Indonesia karena panas dan sering membuat orang berkeringat juga dianggap untuk membunuh kuman kuman yang ada dalam tubuh kita.

Sedangkan di Amerika mereka biasa cuman mandi 1 kali saat pagi atau malam karena suhu mereka tergolong memang sudah dingin dan berbeda dari Indonesia karena di Amerika memiliki 4 musim tapi mereka menganggap jika tidak mandi sama sekali dalam 1 hari itu berarti kita jorok dan tidak bersih.

Sumber
C. Tanggapan atau kebiasaan tersebut

Menurut saya jika kita di Indonesia itu wajar dengan mandi 2 kali sehari karena memang kondisi cuaca dan suhu di Indonesia sangat panas beda dengan di Amerika karena mereka mempunyai 4 musim.

Menurut orang yang saya wawancarai dia setuju jika Indonesia mandi 2 kali sehari karena Indonesia sangat panas kita sering berkeringat jika kita mandi 2 kali sehari kita bisa menjadi lebih segar dan sehat karena saat mandi kuman didalam kulit kita akan mati.

Negara Amerika merupakan negara maju karena mereka sanhgat kaya dalam sumber daya alam mempunyai tempat wisata wisata yang indah dan peraturan disana sidah bagus 

Indonesia bisa memiliki potensi kerja sama di bagian pertukaran pelajar karena biasa orang Amerika ke Indonesia untuk belajar budaya dan orang Indonesia ke Amerika untuk belajar teknologi. Bisa juga mengekspor barang barang dari Indonesia ke Amerika dan dari Amerika ke Indonesia juga























Komentar

  1. Halo Samsonnen! Terimakasih untuk informasi yang sangat menguntungkan :) Informasi yang tercantum pada blog ini sudah cukup rapih dan jelas. Namun menurut saya, akan lebih baik jika ukuran dari judul dan subjudul dibedakan, agar pembaca dapat lebih mudah untuk mengidentifikasinya. Selain itu, akan lebih baik jika gambar yang dicantum diberikan keterangannya dan penempatan gambar itu sendiri lebih baik jika disusun lebih rapih. Semoga feedback ini dapat membantu ya. Semangat terus!

    BalasHapus
  2. Artikel ini sudah sangat baik, karena didukungnya dengan teks yang sangat rapih, hanya saja gambar yang disajikan akan lebih baik jika sejajar. Jika dilihat, sumber-sumber pun sudah lengkap. Tetapi ada yang harus diperhatikan lagi, yaitu judul dari artikel. Saran saya, jika ingin menuliskan judul di sebuah artikel, bisa menggunakan huruf besar semua ataupun bisa juga setiap huruf pertama harus menjadi huruf kapital, terkecuali kata penghubung. Selain dari itu, sudah sangat baik!

    BalasHapus
  3. Blog ini sudah sangat baik dengan isi informasinya yag jelas dan detail. Namun menurut saya Sam masih bisa membuat blog ini lebih terlihat menarik dengan menambah beberapa fitur tambahan dari blogger. Contohnya seperti pelampiran link untuk blog yang lain.

    BalasHapus
  4. Menurut saya, informasi di artikel ini sudah bagus, gambar - gambarnya juga sudah bagus, dan penulis juga menaruh sumbernya, namun, penaruhan sumbernya membuat artikel ini tidak terlihat begitu bagus, mungkin akan lebih baik jika sang penulis melampirkan linknya di teks atau di foto yang ada untuk membuat artikel ini terlihat lebih baik. Bald.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Langkah - Langkah membuat blog dan manfaatnya

Masalah sosial pandemi COVID-19

Perjalanan di Amerika